Sabtu, 27 Desember 2008

Islamiyah Program 2008

PENDAHULUAN

A. GAMBARAN UMUM SEKOLAH

Sekolah ini mempunyai nama PERGURUAN ISLAMIYAH dimana perguruan ini mencakup tiga tingkatan yaitu SD, MTs dan MA. Tetapi disini hanya mencatumkan MTs. Swasta Islamiyah Sibolga yang berdiri pada tahun 1998. Gedung MTs. Swasta Islamiyah Sibolga dibangun diatas tanah 2086 m2, dengan luas bangunan 352 m2 . Gedung sekolah ini difasilitasi dengan 6 ruang belajar, 1 ruang Kepala sekolah dan masih disekat dengan ruang guru dan TU, 1 ruang praktikum, 1 ruang Perpustakaan, 1 kamar mandi/wc siswa putra, 1 kamar mandi/wc siswa putri dan 1 kamar mandi/wc guru.
Dalam berbagai event kompetensi/perlombaaan yang diselenggarakan oleh Dinas pendidikan yakni kegiatan lomba dalam bidang olah raga, siswa dapat menunjukkan prestasinya dengan baik.
Ilmu tanpa moral sia-sia. Seiring dengan hal ini, MTs. Islamiyah Sibolga sejak berdirinya telah mengadakan pembinaan religius islami kepada siswa-siswinya. Secara konkret, salah satu kegiatan yang diadakan secara berkelanjutan dengan jadwal tertentu adalah pelaksanaan perayaan kemenangan islam.
Secara umum, sekolah ini adalah sekolah yang tertua di Kota Sibolga dan sudah diminati masyarakat Sibolga dan masih mendapat kepercayaan yang cukup tinggi dari para orang tua sebagai lembaga pendidikan yang berkualitas untuk mendidik anak-anak remaja. Namun demikian, lembaga pengelola beserta seluruh tenaga pengajar yang mengabdi di dalamnya tetap berupaya keras semaksimal mungkin untuk meningkatkan mutu pendidikan demi mencapai prestasi yang lebih baik di masa depan.

B. PEMUTAKHIRAN RENCANA PENGEMBANGAN SEKOLAH

Pemutakhiran Rencana Pengembangan Sekolah (RPS) merupakan upaya untuk pengembangan dan peningkatan mutu pendidikan di sekolah. Dengan adanya Pemutakhiran Rencana Pengembangan Sekolah akan dapat memacup peningkatan mutu dan prospek sekolah yang lebih di masa yang akan datang. Untuk mendukung hal ini, diperlukan dana sesuai kebutuhan

Pemutakhiran RPS menjadi suatu acuan yang didalamnya tertuang perencanaan yang akan dicapai oleh sekolah dengan anggaran dana yang harus direalisasikan untuk dapat mencapai tujuan. Dalam hal ini, pengelola sekolah dan juga para pemangku kepentingan pendidikan diharapkan turut mendukung dan berpartisipasi.
Pemutakhiran RPS yang akurat akan membantu sekolah dalam memenuhi tuntutan publik akan perlunya partisipasi; keterbukaan dan akuntabilitas serta pertanggungjawaban transparan kepada publik.
Ikut sertanya MTs. Islamiyah Sibolga dalam pembuatan RPS mengisyaratkan adanya niat yang tulus untuk memajukan sekolah. Pengembangan sekolah yang direncanakan secara matang diyakini oleh pihak sekolah beserta seluruh pihak lain yang terkait dapat meningktkan mutu pendidikan yang mampu memproduksi anak didik yang berkualitas pada masa yang akan datang.

VISI DAN MISI SEKOLAH

A. VISI

Membimbing siswa untuk jadi generasi-generasi yang islami, berilmu pengetahuan, menguasai teknologi.
B. MISI

a. Membudayakan lingkungan sekolah selalu dalam suasana Islami
b. Menjalin kerjasama dengan orang tua tentang perkembangan siswa.
c. Meningkatkan disiplin siswa dan guru dalam lingkungan sekolah
d. Meningkatkan profesionalisme guru
e. Menjalin kerjasama dengan lingkungan sekitar
f. Melatih dan menumbuh kembangkan kecakapan yang telah dan akan diraih oleh siswa
g. Mengoptimalkan penggunaan perlengkapan sarana dan prasarana yang mendukung peningkatan kualitas pembelajaran.


C. RINGKASAN PROFIL

C.1. PRESTASI SEKOLAH

Prestasi sekolah MTs. Swasta Islamiyah Sibolga dikelompokkan berdasarkan tingkatan kelas, di mana setiap kelas diambil rata-rata prestasi tiap mata pelajaran. Pada analisis prestasi sekolah, dipilih sebnayak tiga (3), yaitu : Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika dalam tiga tahun terakhir. Dipilihnya ketiga mata pelajaran itu untuk dianalisis karena ketiga mata pelajaran tersebut masih menjadi unggulan dalam Ujian Nasional tingkat SMP/MTs secara nasional. Hasil analisis terhadap ketiga mata pelajaran tersebut menunjukkan bahwa dalam tiga tahun terakhir terjadi fluktuasi (naik-turun) dan penurunan nilai. Hal ini memunculkan pemikiran akan pentingnya solusi yang harus diterapkan dalam meningkatkan pestasi nilai siswa di masa depan.

Berdasarkan profil dalam kategori prestasi sekolah, ditarik beberapa keseimpulan sebagai berikut :

1. Nilai Bahasa Indonesia pada TP. 2005/2006 adalah 7,53,dan meningkat di TP.2006/2007 menjadi 7.62 dan di TP. 2007/2008 turun menjadi 6.16.
2. Nilai Bahasa Inggris pada TP. 2005/2006 adalah 5.96 kemudian di TP.2006/2007 menurun menjadi 5. 59 dan TP 2007/2008 meningkat menjadi 7.25.
3. Nilai Matematika pada TP. 2005/2006 adalah 5.13 dan di TP. 2006/2007 meningkat menjadi 7.23 dan di TP. 2007/2008 lebih meningkat lagi menjadi 7.41.
4. Dan Nilai IPA pada awal mulanya diadakan dalam UN TP.2007/2008 mendapat hasil yang baik.

Selanjutnya, persentase Lulusan Ujian Nasional dan lulusan yang melanjutkan pendidikan ke SMK/SMA/MA/ tergolong stabil (100%). Adapun jumlah siswa yang mengulang dalam tiga tahun terakhir cenderung terdapat dikelas VII dan VIII sedangkan kelulusan UN kelas IX nihil (100% lulus), sedangkan jumlah siswa yang memerlukan perhatian khusus dalam tiga tahun terakhir ini terdapat 2 orang laki-laki.
Mengenai prestasi ekstrakurikuler, dalam tiga tahun terakhir (TP.2005/2006 s.d. 2007/2008 sekolah berhasil meraih prestasi dalam bidang olah raga, yaitu juara III footsall dan juara harapan I atletik, tennis meja juara III.

C.2 PROSES BELAJAR MENGAJAR

Proses Belajar Mengajar (PBM) masih belum sempurna untuk penyediaan silabus, bahan ajar kontekstual, dan alat bantu, serta belum adanya peran orang tua di kelas.

C.3. BESARAN SEKOLAH DAN PERKEMBANGANNYA

Jumlah siswa yang mendaftar cenderung menurun dengan rata-rata per kelas sebanyak 35 orang.

C.4. KEWAJIBAN SEKOLAH

Menurut data yang diperoleh dari kelurahan, angka putus sekolah 15 % dan semakin lama semakin meningkat dimana pada tahun 2005/2006 sebanyak 145 orang dan meningkat menjadi 197 orang dan dari angka tersebut ada 48 orang yang AUS ditampung sekolah.

C.5. SUMBER DAYA PENDIDIKAN

Secara umum, Kepala Sekolah telah menerapkan MBS (Manajemen Berbasis Sekolah). Kualifikasi guru cocok, tetapi kalau berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Pasal 29 Tahun 2005, ada kualifikasi guru yang tidak cocok. Pengawasan untuk PBM dan manajemen sekolah semakin lama semakin cukup dan pengaruhnya juga semakin cukup.

Peralatan pembelajaran BIOLOGI, TIK, PENJAS dan GEOGRAFI sudah tersedia dan pada umumnya berada dalam kondisi baik. Sedangkan alat pembelajaran Agama, Matematika, dan Bahasa belum ada. Semua buku mata pelajaran tersedia untuk siswa kecuali buku Mapel TIK kelas VIII dan Fisika Kelas IX.
Jumlah sarana dan prasarana sekolah kurang dan yang ada dalam kondisi rusak ringan. Demikian pula halnya dengan perabot sekolah, namun dapur sekolah belum ada.

Dana yang diterima berupa uang sekolah (SPP) cenderung meningkat, tetapi hanya cukup untuk membiayai rutinitas sekolah.


C.6. PERAN SERTA MASYRAKAT

Orang tua siswa dari keluarga kurang mampu belum terwakili. Peran komite sekolah belum cukup baik dalam peningkatan PBM, manajemen, tata pelayanan, dan pendanaan. Komite sekolah juga belum menyuarakan kepentingan yang diwakili, serta belum memiliki program kerja dan laporan pertanggungjawaban.

4. TANTANGAN

MTs. Islamiyah merupakan salah satu sekolah swasta di kota Sibolga yang ikut serta dalam binaan DECENTRALIZED BASIC EDUCATION (DBE). Untuk pengembangan sekolah, MTs. Islamiyah menyusun Rencana Pengembangan Sekolah (RPS) yang didasarkan pada profil sekolah. Susunan RPS ini adalah hasil kerja Kelompok Kerja Penyusunan Pengembangan Sekolah (KKPRPS) yang beranggotan enam orang, yang terdiri dari : Kepala Sekolah, wakase, sekretaris, Komite Sekolah, 2 orang tua siswa, dan 1 guru.

Selama melakukan pemutakhiran RPS ini, diakui terdapat tantangan yang dihadapi oleh tim KKPRPS MTs. Swasta Islamiyah Sioblga sehingga prosesnya berjalan lambat, dan bahkan hasilnya barangkali masih jauh dari yang diharapkan oleh DBE.

Adapun tantangan yang dihadapi antara lain :

1. Kehadiran anggota KKPRPS yang tidka teratur (terlambat, dan kadangkala ada yang absen..
2. Adanya kesibukan masing-masing anggota KKPRPS sehingga sering tidak dapat hadir pada jadwal pertemuan di luar pendampingan District Facilitator (DF).
3. Tahapan kerja penyusunan RPS dianggap terlalu banyak dan agak menyulitkan para anggota KKPRPS untuk mengerjakakannya secara sistematis.
Walaupun demikian, para anggota KKPRPS tetap berupaya membuat yang terbaik dalam setiap diskusi/pertemuannya di bawah bimbingan District Fasilitator (DF) pada jadwal yang telah ditentukan.

5. PROGRAM PENGEMBANGAN SEKOLAH

Untuk meningkatkan kualitas sekolah, maka program pengembangan sekolah akan dilaksanakan oleh MTs. Swasta ISlamiyah Sibolga mulai tahun pelajaran 2008/2009 samapi dengan 2010/2011 adalah sebagai berikut :

1. Mengadakan pertemuan dengan orang tua yang memiliki wawasan pendidikan
Kegiatan ini dimaksudkan utnuk meningkatkan kerjasama dan tanggungjawab bersama sebagai pemangku kepentingan pendidikan dalam rangka memajukan sekolah. Sasarannya adalah keseimbangan jumlah anggota pada komite sekolah.

Programnya adalah : mengundang orang tua siswa yang mempunyai wawasan pendidikan untuk menjadi anggota komite sekolah, untuk mengisi kekosongan posisi di jajaran komite sekolah.
Indikator program adalah : menjaring orang tua siswa yang bersedia menjadi anggota komite sekolah sebagai pengisi yang kosong di jajaran komite sekolah.

Jadwalnya adalah : Tahun pelajaran 2008/2009 s.d. 2010/2011.

2. Pengadaan Alat Peraga

Pengadaan alat peraga ditujukan kepada mata pelajaran IPA, Bahasa Indonesia. Sasarannya adalah untuk mencukupi jumlah peralatan pembelajaran untuk mata pelajaran IPA dan bahasa Indonesia.
Programnya adalah enggunakan BOS (Bantuan Operasional Sekolah). Sebagai indikator program “tersedianya pembelajaran untuk tiap mata pelajaran.
Jadwal yang telah ditetapkan adalah tahun pelajaran 2008/2009 s.d. 2010/2011.

3. Pembuatan dan pengembangan Silabus

Pelaksanaan kegiatan ini dimulai dari guru kelas I sampai dengan kelas VI. Adanya persiapan guru-guru secara matang dan terencana diharapkan dapat mewujudkan proses belajar-mengajar yang efektif dan menyenangkan.

Sasarannya adalah agar guru dapat menyiapkan silabus untuk persiapan dalam melaksanakan proses belajar-mengajar.

Untuk mencapai sasaran ini, diprogramkan : mendatangkan penatar untuk pembuatan dan pengembangan silabus.

Indikator program adalah pelatihan guru untuk pembuatan dan pengembangan silabus.
Jadwal yang telah ditetapkan adalah tahun pelajaran 2008/20009 s.d. 2010/2011.

4. Peningkatan Komptetensi Guru

Kegiatan peningkatan kompetensi guru mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan IPA kelas III.

Sasaran kegiatan adalah kenaikan nilai rata-rata keempat mata pelajaran pelajaran yang di UN kan adalah 8.00.

Program yang telah dibuat adalah pelatihan untuk pengembangan kompetensi materi.
Indikator program : guru telah dilatih dan berkompetensi mengajar ke 4 bidang studi yang di UN kan.
Kegiatannya adalah melaksanakan pelatihan kompetensi materi ke 4 mata pelajaran yang di UN kan.
Jadwal pelaksanaan kegiatan diadakan pada TP. 2008/2009 s.d. 2010/2011.


C.1. RUMUSAN DAN PENANGGUNGJAWAB

ALTERNATIF PEMECAHAN Program Penanggungjawab

I.
1.1.1. Guru mempromosikan sekolah pada lingkungan masing-masing
i.1.1. Membuat brosur
1.1.3. Membuat spanduk Kesiswaan Kepala Sekolah
1.1.4. Memperidah fisik sekolah
1.1.5. Menambah kerindagangan lingkungan sekolah Budaya dan lingkungan sekolah Kepala Sekolah
1.2.1. Memotivasi siswa untuk melanjutkan sekolah
12.2. Menunjukkan sekolah sesuai dengan minat siswa
1.2.3. Menunjukkan sekolah yang dapat dijangkau ekonomi orangtua
Kesiswaan Kepala Sekolah
1.3.1. Guru mengikuti pelatihan
1.3.2. Melaksanakan mGMP
1.3.3. Diskusi dengan rekan sesame mata pelajaran
1.3.4. Melengkapi buku penunjang UN
1.3.5. Melaksanakan bimbingan test
1.3.6. Melaksanakan try out Kesiswaan Kepala Sekolah
1.4.1. Orang tua menambah sumber belajar (buku) siswa
1.4.2. Sekolah selalu kordinasi dengan orangtua siswa tentang perkembangan hasil belajar siswa
1.4.3. Orangtua membantu anaknya untuk belajar dirumah (diluar sekolah) Kesiswaan Kepala Sekolah
1.5.1. Menambah jumlah/waktu bimbingan belajar
1.5.2. Memberikan tugas mandiri siswa
1.5.3. Menambah sarana olahraga
1.5.4. Menambah jumlah pertemuan pelatihan Kesiswaan Kepala Sekolah

1.6.1. Menaikkan jumlah iuran (SPP) siswa
1.6.2. Mencari dukungan dana dari alumni/masyarakat Kesiswaan Kepala Sekolah

1.7.1. Koordinasi dengan orang tua siswa
1.7.2. Memberikan motivasi kepada siswa
1.7.3. Mencari orang tua asuh
1.7.4. Membebaskan biaya pendidikan siswa
1.7.5. Masuk ke paket “B” Kesiswaan Kepala Sekolah

II.
2.1.1. Jadwal mengajar guru disesuaikan dengan tugas lain
2.1.2. Pembinaan dari kepala sekolah pada guru yang tidak hadir
2.1.3. Memberikan sanksi kepada guru yang tidak hadir Curriculum dan kegiatan pembelajaran Kepala Sekolah

2.2.1. Siswa membeli buku pelajaran
2.2.2. Membeli bukud ari dana komite
2.2.3. Mengajukan proposal kepada pemerintah Curriculum dan kegiatan pembelajaran Kepala Sekolah

2.3.1. Guru menciptakan alat peraga yangs ederhana
2.3.2. Mengajukan permohonan kepada pemerintah Curriculum dan kegiatan pembelajaran Kepala Sekolah

III.
3.1.1. Menugaskan salah satu guru/TU menjadi pegawai perpustakaan
3.1.2. Menambah tugas salah seorang guru/TU sebagai pegawai perpustakaan
3.1.3. Mencari pegawai perpustakaan dari luar sekolah Pendidik dan tenaga kependidikan Kepala Sekolah

3.2.1. Menetapkan pemberian penghargaan pada guru/TU berprestasi
3.2..2. Menginventarisir prestasi guru/TU setiap tahun.
3.2.3. Mengalokasikan dana pada RAPBS untuk penghargaan pada guru/TU berprestasi
3.2.4. Sosialisasi tentang pemilihan guru/TU berprestasi setiap tahun
3.2.5. Memotivasi guru/TU agar lebih berprestasi Pendidik dan tenaga kependidikan Kepala Sekolah

IV.
4.1.1. Memberdayakan komite sekolah untuk mencari donator perbaikan kelas
4.1.2. Membuat permohonan kepada pemerintah
4.1.3. Memungut biaya dari orang tua siswa untuk pengadaan meja siswa Sarana dan Prasarana Kepala Sekolah

4.2.1. Memberdayakan komite sekolah untuk mencari donator pengadaan mobiler kelas.
4.2.2. Memungut uang pembangunan dari orang tua siswa setiap tahunnya. Sarana dan Prasarana Kepala Sekolah

4.3.1. Memungut biaya dari orang tua siswa untuk pengadaan meja siswa
4.3.2. Membuat permohonan kepada pemerintah untuk blocrant mobiler. Sarana dan Prasarana Kepala Sekolah

4.4.1. Mengembangkan kemitraan dengan lembaga lain.
4.4.2. Dana komite sekolah diperbesar peruntukannya pemberian computer, printer, dan stabilizer
4.4.3. Semua guru mata pelajaran mengikuti pelatihan mengoperasionalkan computer. Sarana dan Prasarana Kepala Sekolah

V.
5.1.1.

VI.
6.1.1. Menetapkan jadwal tugas kebersihan ruangan kelas
6.1.2. Menetapkan jadwal petugas kebersihan lingkungan sekolah
6.1.3. Menetapkan seorang guru sebagai coordinator kebersihan ruangan kelas dan lingkungan sekolah Kepala Sekolah

6.2.1. Merawat pagar sekolah
6.2.2. Penjaga sekolah semakin aktif
6.2.3. Petugas piket kelas lebih aktif
6.2.4. Guru piket harian memproses siswa yang menagganggu keamanan
6.2.5. Setiap tahun melapor ke piket dan membukukannya Kepala Sekolah

6.3.1. Setiap wali kelas menghiasai kelas
6.3.2. Mengkoordinasi agar meja, dinding tidak dicoret-coret
6.3.3. Taman sekolah dirawat dengan baik Kepala Sekolah

VII.
7.1.1. Sosialisasi tentang, peran, tugas dan fungsi komite sekolah
7.1.2. Pengurus komite mengikuti pelatihan tentang peran serta masyarakat dan kemitraan Kepala Sekolah

7.2.1. Membuat jadwal pertemuan dengan komite sekolah
7.2.2. Mencari/mengganti pengurus komite dengan yang punya waktu luang
7.2.3. Mengkondisikan tempat pertemuan tidak mengganggu aktifitas komite sekolah Kepala Sekolah

7.3.1. Biaya operasional komite sekolah dianggarkan dalam RAPBS Kepala Sekolah

7.4.1. Sosialisasi tentang peran serta masyarakat
7.4.2. Sekolah mensosialisasikan pada orang tua tentang peran sertanya dalam pendiidkan Kepala Sekolah

7.5.1. Pemerintah/pemerintah daerah menekankan kepada perusahaan/pengusaha untuk berperan serta dalam pendidikan
7.5.2. Pemerintah memberikan sanksi terhadap perusahaan yang tidka peduli pada pendidikan. Kepala Sekolah
VIII.
8.1.1. Melengkapi data-data perkembangan sekolah minimal tiga tahun terakhir
8.1.2. Aktif mengikuti pelatihan penyusunan program kerja
8.1.3. Mencari buku panduan atau petunjuk penyusunan program kerja (dari Depag/Dinas Pendidkan). Kepala Sekolah

8.2.1. Mencantumkan pemberian Reward untuk guru/TU berprestasi dalam rapat dalam rapat komite sekolah
8.2.2. Memberikan tugas tambahan kepada salah seorang gruru/pegawai tentang kotak saran Kepala Sekolah

8.3.1. Menyusun rencana pengadaan buku saran/kotak saran
8.3.2. Memberikan tugas tambahan kepad aslah seorang guru/pegawai tentang kotak saran. Kepala Sekolah

8.4.1. Menambah pegawai yang professional yang lebih dapat mendukung kerja kepala sekolah
8.4.2. Lebih mengaktifkan cara kerja struktur yang telah disusun Kepala Sekolah

IX
9.1.1. Membuat daftar kebutuhan sekolah setiap tahunnya
9.1.2. Berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan/Depag
9.1.3. Mengajukan permohonan Bantuan ke Pemerintah dan Lembaga non pendidikan Kepala Sekolah

9.2.1. Menyimpan pada tempat yang aman


C.2. JADWAL KEGIATAN PENGEMBANGAN SEKOLAH
No. Sasaran Program dan Kegiatan Thn
2008-2009 Thn
2009-2010 Thn
2010-2011 Thn
2011-2012
GNP GJL GNP GJL GNP GJL GNP GJL
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11
1 Meningkatnya jumlah siswa sebanyak 38 orang Kesiswaan :
- Guru mempromosikan sekolah pada lingkungan masing-masing.
- Membuat dan mengedarkan brosur
- Membuat spanduk

2 Menaikkan persentase yang melanjutkan sekolah sebesar 7% Kesiswaan :
- Memotifasi siswa untuk melanjutkan sekolah
- Melanjutkan sekolah sesuai dengan minat siswa
- Melanjutkan sekolah yang dapat dijangkau ekonomi orang tua.
- Mengarahkan ke paket C.

3 Menaikkan rata-rata UN sebesar 0.19 pada tahun 2011 Kesiswaan :
- Guru mengikuti pelatihan dan MGMP
- Melengkapi buku penunjang UN
- Melaksanakan bimbingan test dan try out

4 Menaikkan rata-rata US sebesar 0.19 pada tahun 2011 Kesiswaan :
- Orang tua menambah sumber belajar (buku) siswa
- Sekolah selalu koordinasi dengan ortu siswa tentang perkembangan hasil belajar siswa
- Ortu membantu anaknya untuk belajar dirumah

5 Menaikkan prestasi lomba akademik menjadi Juara III dan lomba non akademik menjadi juara II Kesiswaan :
- Menambah jumlah/waktu bimbingan belajar
- Memberikan tugas mandiri siswa
- Menambah sarana olahraga
- Menambah jumlah pertemuan pelatihan

6 Menambah anggarann sebesar 20% untuk bimbingan dan pelatihan siswa Kesiswaan :
- Menaikkan Jumlah Iuran/SPP Siswa
- Mencari Dukungan Dana Dari Alumni/masyarakat
7 Mengurangi siswa yang Drop Out sampai 0% Kesiswaan :
- Koordinasi dengan ortu siswa
- Memberikan motivasi kepada siswa
- Mencari ortu asuh
- Membebaskan biaya pendidikan siswa
- Masuk ke paket B

8 Menaikkan rata-rata kehadiran Guru dari 90% menjadi 95% Kurikulum dan Kegiatan pembelajaran :
- Jadwal mengajar Guru disesuaikan dengan tugas lain.
- Pembinaan dari kepala sekolah pada Guru yang tidak hadir
- Memberikan sanksi kepada Guru yang tidak hadir

9 Menambah buku pelajaran siswa sebanyak 40 eks/mata pelajaran setiap kelas (jumlah 600 eks) Kurikulum dan Kegiatan pembelajaran :
- Siswa membeli buku pelajaran
- Membeli buku dari dana komite
- Mengajukan proposak kepada pemerintah

10 Menambah unsur media pembelajaran/alat peraga untuk semua mata pelajaran Kurikulum dan Kegiatan pembelajaran :
- Menciptakan alat peraga yang sederhana
- Mengajukan permohonan kepeda pemerintah

11 Menempatkan pegawai perpustakaan 1 orang Pendidik dan tenaga kependidikan:
- Menugaskan salah satu guru/TU menjadi pegawai perpustakaan
- Menambah tugas salah satu seorang guru/TU sebagai pegawai perpustakaan
- Menacari pegawai perpustakaan dari luar.

12 Memberikan penghargaan kepada pendididk & tenaga kependidikan yang berprestasi Pendidik dan tenaga kependidikan:
- Menetapkan peraturan pemberian penghargaan kepada guru/TU berprestasi
- Mengnventarisir prestasi guru/TU setiap tahun
- Mengalokasikan dana pada RAPBS untuk penghargaan untuk penghargaan pada guru/TU berprestasi
- Sosialisasi tentang pemilihan guru/TU berprestasi setiap tahun
- Memotivasi guru/TU agar lebih berprestasi

13 Memperbaiki 2 ruang kelas (ruang proses belajar) Sarana dan Prasarana:
- Memberdayakan komite sekolah untuk mencari donator perbaikan kelas
- Membuat permohonan kepada pemerintah untuk perbaikan ruangan kelas


14 Memperbaiki/mengganti kursi siswa pada ruang kelas sebanyak 100 buah Sarana dan Prasarana:
- Memberdayakan komite sekolah untuk mencari donator pengadaan meja siswa
- Memungut uang pembangunan dari orang tua setiap tahun.

15 Memperbaiki/mengganti meja siswa pada ruang kelas sebanyak 50 buah. Sarana dan Prasarana:
- Memberdayakan komite sekolah untuk pengadaan meja siswa
- Membuat permohonan kepada pemerintah untuk Block Grand Mobiler

16 Penambahan komputer 7 unit, printer 1 unit stabilizer 1 unit. Guru yang menguasai computer sebanyak Sarana dan Prasarana:
- Mengembangkan kemitraan dengan lembaga lain.
- Dana komite sekolah diperbesar peruntukannya untuk pemberian computer, printer, dan stabilizer
- Semua guru mata pelajaran mengikuti pelatihan mengoperasikan komputer
-
17 Mempertahankan program kebersihan, keindahan,keamana, dan kelebihan sekolah. Kurikulum kegiatan dan pembelajaran :
- Menetapkan jadwal petugas kebersihan setiap ruangan kelas, dan lingkungan sekolah.
- Perawatan pagar sekolah
- Membuat rincian tugas penjaga sekolah
- Menetapkan Guru piket harian dan rincian tugasnya
- Menghias ruangan kelas masing-masing
- Merawat taman-taman sekolah

18 Meningkatkan peran dan fungsi komite sekolah :
- sebagai pendukung
- sebagai pengontrol
- sebagai penghubung Peran serta masyarakat dan kemitraan :
- Sosialisasi tentang peran dan fungsi komite sekolah
- Pengurus komite mengikuti pelatihan tentang peran serta masyarakat dan kemitraan


19 Meningkatkan dukungan masyarakat luas berapa bantuan incidental & bantuan terpogram Peran serta masyarakat :
- Sosialisasi tentang peran dan fungsi komite sekolah
- Pengurus komite mengikuti pelatihan tentang peran serta masyarakat dan kemitraan

20 Menyusun AD/ART dan prigram kerja komite sekolah Peran serta :
- Melaksanakan musyawarah komite untuk merumuskan AD/ART dan program kerja.

21 Membuat peraturan pemberian penghargaan bagi Guru/Tu berprestasi ADM dan Manajemen :
- Membuat dukumen tentang peraturan pemberian penghargaan bagi Guru/Tu berprestasi

22 Mengoptimalkan buku/kotak saran sebagai kelengkapan ADM kepala sekolah Organisasi dan kelembagaan
struktur dan dokumen ditempat yang amanMenyimpan akte pendirian
Pendidikan dan DepagBerkordinasi dengan Dinas
lembaga pendidikanMengajukan permohonan bantuan kepada pemerintah & non non pendidikan


23 Meningkatkan kerja serta atau menambah daftar donator dengan lembaga pendidikan & non pendidikan Organisasi dan kelembagaan :
- Menyimpan akte pendirian struktur dan dokumen ditempat yang aman

24 Mempertahankan keberadaan akte pendirian dan struktur organisasi & dokumen lainnya Organisasi dan kelembagaan
- Menyimpan akte pendirian struktur dan dokumen di tempat yang aman.

TABEL C.3. PROGRAM DAN INDIKATOR RENCANA KERJA TAHUNAN
A. PROGRAM/KEGIATAN STRATEGIS

No. SASARAN PROGRAM INDIKATOR KEGIATAN PENANGGUNG
JAWAB
1



Meningkatnya jumlah siswa sebanyak 38 orang Kesiswaan Jumlah siswa bertambah 38 orang pd TA.2008/2009. - Guru mempromosikan sekolah pada lingkungan masing-masing.
- Membuat dan mengedarkan brosur
- Membuat spanduk
2 Menaikkan persentase yang melanjutkan sekolah sebesar 7% Kesiswaan SIswa yang melanjut meningkat 7% - Memotifasi siswa untuk melanjutkan sekolah
- Melanjutkan sekolah sesuai dengan minat siswa
- Melanjutkan sekolah yang dapat dijangkau ekonomi orang tua.
- Mengarahkan ke paket C.
3 Menaikkan rata-rata UN sebesar 0.19 pada tahun 2011 Kesiswaan Nilai rata-rata UN 8.00 pada tahun 2011 - Guru mengikuti pelatihan dan MGMP
- Melengkapi buku penunjang UN
- Melaksanakan bimbingan test dan try out
4 Menaikkan rata-rata US sebesar 0.19 pada tahun 2011 Kesiswaan Nilai rata-rata US 8.00 pada tahun 2011 - Orang tua menambah sumber belajar (buku) siswa
- Sekolah selalu koordinasi dengan ortu siswa tentang perkembangan hasil belajar siswa
- Ortu membantu anaknya untuk belajar dirumah
5 Menaikkan prestasi lomba akademik menjadi Juara III dan lomba non akademik menjadi juara II Kesiswaan Prestasi lomba akademik juara III dan prestasi non akademik juara II - Menambah jumlah/waktu bimbingan belajar
- Memberikan tugas mandiri siswa
- Menambah sarana olahraga
- Menambah jumlah pertemuan pelatihan
6 Menambah anggarann sebesar 20% untuk bimbingan dan pelatihan siswa Kesiswaan Anggaran untuk bimbingan dan pelatihan siswa naik 20% - Menaikkan Jumlah Iuran/SPP Siswa
- Mencari Dukungan Dana Dari Alumni/masyarakat
7 Mengurangi siswa yang Drop Out sampai 0% Kesiswaan Siswa yang drop out tidak ada - Koordinasi dengan ortu siswa
- Memberikan motivasi kepada siswa
- Mencari ortu asuh
- Membebaskan biaya pendidikan siswa
- Masuk ke paket B
No. SASARAN PROGRAM INDIKATOR KEGIATAN PENANGGUNG
JAWAB
8 Menambah buku pelajaran siswa sebanyak 40 eks/mata pelajaran setiap kelas (jumlah 600 eks) Kesiswaan Menambah jumlah buku 95% - Siswa membeli buku pelajaran
- Membeli buku dari dana komite
- Mengajukan proposak kepada pemerintah
9 Menambah unsur media pembelajaran/alat peraga untuk semua mata pelajaran Kurikulum dan kegiatan pembelajaran Penambahan media/alat peraga pembelajaran - Menciptakan alat peraga yang sederhana
- Mengajukan permohonan kepeda pemerintah
10 Menempatkan pegawai perpustakaan 1 orang Kurikulum dan kegiatan pembelajaran Jumlah pegawai perpustakaan 1 orang - Menugaskan salah satu guru/TU menjadi pegawai perpustakaan
- Menambah tugas salah satu seorang guru/TU sebagai pegawai perpustakaan
- Menacari pegawai perpustakaan dari luar.
11 Memberikan penghargaan kepada pendididk & tenaga kependidikan yang berprestasi Kurikulum dan kegiatan pembelajaran Pemberian penghargaan kepada pendidik/tenaga kependidikan yang berprestasi - Menetapkan peraturan pemberian penghargaan kepada guru/TU berprestasi
- Mengnventarisir prestasi guru/TU setiap tahun
- Mengalokasikan dana pada RAPBS untuk penghargaan untuk penghargaan pada guru/TU berprestasi
- Sosialisasi tentang pemilihan guru/TU berprestasi setiap tahun
- Memotivasi guru/TU agar lebih berprestasi
12 Memperbaiki ruang kelas (ruang proses belajar) Kurikulum dan kegiatan pembelajaran Perbaikan 2 ruang kelas (ruang proses belajar mengajar) - Memberdayakan komite sekolah untuk mencari donator perbaikan kelas
- Membuat permohonan kepada pemerintah untuk perbaikan ruangan kelas

13 Memperbaiki/mengganti kursi siswa pada ruang kelas sebanyak 100 buah Sarana & Prasarana Perbaikan/penggantian kursi siswa sebanyak 100 buah - Memberdayakan komite sekolah untuk mencari donator pengadaan meja siswa
- Memungut uang pembangunan dari orang tua setiap tahun.
14 Memperbaiki/mengganti meja siswa pada ruang kelas sebanyak 50 buah. Sarana & Prasarana Perbaikan/penggantian meja siswa sebanyak 50 buah - Memberdayakan komite sekolah untuk pengadaan meja siswa
- Membuat permohonan kepada pemerintah untuk Block Grand Mobiler
15 Penambahan komputer 7 unit, printer 1 unit stabilizer 1 unit. Guru yang menguasai computer sebanyak Sarana & Prasarana Pengadaan computer 7 unit, printer 1 unit stabilizer 1 unit. - Mengembangkan kemitraan dengan lembaga lain.
- Dana komite sekolah diperbesar peruntukannya untuk pemberian computer, printer, dan stabilizer
- Semua guru mata pelajaran mengikuti pelatihan mengoperasikan komputer
16 Meningkatkan peran dan fungsi komite sekolah :
- sebagai pendukung
- sebagai pengontrol
- sebagai penghubung Peran serta masyarakat kemitraan Peran dan fungsi komite sekolah semakin membaik - Sosialisasi tentang peran dan fungsi komite sekolah
- Pengurus komite mengikuti pelatihan tentang peran serta masyarakat dan kemitraan

17 Meningkatkan dukungan masyarakat luas berapa bantuan incidental & bantuan terpogram Sarana & Prasarana Dukungan masyarakat luas semakin semakin bertambah - Sosialisasi tentang peran dan fungsi komite sekolah
- Pengurus komite mengikuti pelatihan tentang peran serta masyarakat dan kemitraan
18 Menyusun AD/ART dan prigram kerja komite sekolah ADM & Manajemen Komite sekolah mempunyai anggaran dasar/ART dan program kerja - Melaksanakan musyawarah komite untuk merumuskan AD/ART dan program kerja.
19 Membuat peraturan pemberian penghargaan bagi Guru/Tu berprestasi ADM & Manajemen
Adanya peraturan baku tentang pemberian pembangunan bagi Guru/Tu Berprestasi - Membuat dukumen tentang peraturan pemberian penghargaan bagi Guru/Tu berprestasi

20 Mengoptimalkan buku/kotak saran sebagai kelengkapan ADM kepala sekolah ADM & Manajemen

Tersedianya buku/kotak saranMenyimpan akte pendirian struktur dan dokumen ditempat yang aman
Berkordinasi dengan Dinas Pendidikan dan Depag
bantuan kepada pemerintah lembaga pendidikanMengajukan permohonan & non non pendidikan

21 Meningkatkan kerja serta atau menambah daftar donator dengan lembaga pendidikan & non pendidikan Organisasi & Kelembagaan Akter pendirian struktur Madrasah dan dokumen lainnya tetap terpelihara - Menyimpan akte pendirian struktur dan dokumen ditempat yang aman
22 Mempertahankan keberadaan akte pendirian dan struktur organisasi & dokumen lainnya Organisasi & Kelembagaan
Akte pendirian struktur Madrasah dan dokumen lainnya tetap terpelihara. - Menyimpan akte pendirian struktur dan dokumen di tempat yang aman.

A. PROGRAM/KEGIATAN RUTIN

No. SASARAN PROGRAM INDIKATOR KEGIATAN PENANGGUNG
JAWAB
1 Menaikkan rata-rata kehadiran Guru dari 90% menjadi 95% Kurikulum & kegiatan pembelajaran Rata-rata kehadiran Guru 95% - Jadwal mengajar Guru disesuaikan dengan tugas lain.
- Pembinaan dari kepala sekolah pada Guru yang tidak hadir
- Memberikan sanksi kepada Guru yang tidak hadir
2 Mempertahankan program kebersihan, keindahan,keamana, dan kelebihan sekolah. Budaya dan lingkungan sekolah Kebersihan, keindahan keamanan dan ketertiban terpelihara dengan baik - Menetapkan jadwal petugas kebersihan setiap ruangan kelas, dan lingkungan sekolah.
- Perawatan pagar sekolah
- Membuat rincian tugas penjaga sekolah
- Menetapkan Guru piket harian dan rincian tugasnya
- Menghias ruangan kelas masing-masing
- Merawat taman-taman sekolah

TABEL C-4 JADWAL KERJA TAHUNAN SEKOLAH 2008-2009

No.
Sasaran Program dan Kegiatan B u l a n
7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15
1 Menambah jumlah siswa sebanyak 38 orang Program :
Kesiswaan
Kegiatan:
1. Guru mempromosikan sekolah pada lingkungan masing-masing
2. Membuat dan mengedarkan brosur
3. Membuat Spanduk
2 Menaikkan persentase yang melajutkan sekolah sebesar 7% Program :
Kesiswaan
Kegiatan :
1. Memotifasi siswa untuk melanjutkan sekolah
2. Melanjutkan sekolah sesuai dengan minat siswa
3. Melanjutkan sekolah yang dapat dijangkau ekonomi orang tua
4. Mengarahkan ke paket C
3 Menaikkan rata-rata UN sebesar 1.19 pada tahun 2011 Program :
Kesiswaan
Kegiatan :
1. Guru mengikuti pelatihan dan MGMP
2. Melengkapi buku penunjang UN
3. Melaksanakan bimbingan test dan try out
4 Menaikkan rata-rata US sebesar 0.19 pada tahun 2011 Program :
Kesiswaan
Kegiatan :
1. Orang tua menambah sumber belajar (buku) siswa
2. Sekolah selalu koordinasi dengan ortu siswa tentang perkembangan hasil belajar siswa
3. Ortu membantu anaknya untuk belajar dirumah
5 Menaikkan prestasi lomba akademik menjadi Juara III dan lomba non akademik menjadi juara II Program :
Kesiswaan
Kegiatan :
1. Menambah jumlah/waktu bimbingan belajar
2. Memberikan tugas mandiri siswa
3. Menambah sarana olahraga
4. Menambah jumlah pertemuan pelatihan
6 Menambah anggarann sebesar 20% untuk bimbingan dan pelatihan siswa Program :
Kesiswaan
Kegiatan :
1. Menaikkan Jumlah Iuran/SPP Siswa
2. Mencari Dukungan Dana Dari Alumni/masyarakat
7 Mengurangi siswa yang Drop Out sampai 0% Program :
Kesiswaan
Kegiatan :
1. Koordinasi dengan ortu siswa
2. Memberikan motivasi kepada siswa
3. Mencari ortu asuh
4. Membebaskan biaya pendidikan siswa
5. Masuk ke paket B
8 Menaikkan rata-rata kehadiran Guru dari 90% menjadi 95% Program :
Kesiswaan
Kegiatan :
1. Jadwal mengajar Guru disesuaikan dengan tugas lain.
2. Pembinaan dari kepala sekolah pada Guru yang tidak hadir
3. Memberikan sanksi kepada Guru yang tidak hadir
9 Menambah buku pelajaran siswa sebanyak 40 eks/mata pelajaran setiap kelas (jumlah 600 eks) Program :
Kesiswaan
Kegiatan :
1. 1Siswa membeli buku pelajaran
2. Membeli buku dari dana komite
3. Mengajukan proposak kepada pemerintah
10 Menambah unsur media pembelajaran/alat peraga untuk semua mata pelajaran Program :
Kesiswaan
Kegiatan :
1. Menciptakan alat peraga yang sederhana
2. Mengajukan permohonan kepeda pemerintah
11 Menempatkan pegawai perpustakaan 1 orang Program :
Kesiswaan
Kegiatan :
1. Menugaskan salah satu guru/TU menjadi pegawai perpustakaan
2. Menambah tugas salah satu seorang guru/TU sebagai pegawai perpustakaan
3. Menacari pegawai perpustakaan dari luar.
12 Memberikan penghargaan kepada pendididk & tenaga kependidikan yang berprestasi Program :
Kesiswaan
Kegiatan :
1. Menetapkan peraturan pemberian penghargaan kepada guru/TU berprestasi
2. Mengnventarisir prestasi guru/TU setiap tahun
3. Mengalokasikan dana pada RAPBS untuk penghargaan untuk penghargaan pada guru/TU berprestasi
4. Sosialisasi tentang pemilihan guru/TU berprestasi setiap tahun
5. Memotivasi guru/TU agar lebih berprestasi
13 Memperbaiki ruang kelas (ruang proses belajar) Program :
Sarana dan Prasarana
Kegiatan :
1. Memberdayakan komite sekolah untuk mencari donator pengadaan meja siswa
2. Memungut uang pembangunan dari orang tua setiap tahun.
14 Memperbaiki/mengganti kursi siswa pada ruang kelas sebanyak 100 buah Program :
Sarana dan Prasarana
Kegiatan :
1. Memberdayakan komite sekolah untuk mencari donator pengadaan meja siswa
2. Memungut uang pembangunan dari orang tua setiap tahun.
15 Memperbaiki/mengganti meja siswa pada ruang kelas sebanyak 50 buah. Program :
Sarana dan Prasarana
Kegiatan :
1. Memberdayakan komite sekolah untuk pengadaan meja siswa
2. Membuat permohonan kepada pemerintah untuk Block Grand Mobiler
16 Penambahan komputer 7 unit, printer 1 unit stabilizer 1 unit. Guru yang menguasai computer sebanyak Program :
Sarana dan Prasarana
Kegiatan :
1. Mengembangkan kemitraan dengan lembaga lain.
2. Dana komite sekolah diperbesar peruntukannya untuk pemberian computer, printer, dan stabilizer
3. Semua guru mata pelajaran mengikuti pelatihan mengoperasikan komputer
17 Mempertahankan program kebersihan, keindahan,keamana, dan kelebihan sekolah. Program :
Budaya dan lingkungan sekolah
Kegiatan :
1. Menetapkan jadwal petugas kebersihan setiap ruangan kelas, dan lingkungan sekolah.
2. Perawatan pagar sekolah
3. Membuat rincian tugas penjaga sekolah
4. Menetapkan Guru piket harian dan rincian tugasnya
5. Menghias ruangan kelas masing-masing
6. Merawat taman-taman sekolah
18 Meningkatkan peran dan fungsi komite sekolah :
- sebagai pendukung
- sebagai pengontrol
sebagai penghubung Program :
Peran serta masyrakat & kemitraaan
Kegiatan :
1. Sosialisasi tentang peran dan fungsi komite sekolah
2. Pengurus komite mengikuti pelatihan tentang peran serta masyarakat dan kemitraan
19 Meningkatkan dukungan masyarakat luas berapa bantuan incidental & bantuan terpogram Program :
Peran serta masyrakat & kemitraaan
Kegiatan :
1. Sosialisasi tentang peran dan fungsi komite sekolah
2. Pengurus komite mengikuti pelatihan tentang peran serta masyarakat dan kemitraan
20 Mengoptimalkan buku/kotak saran sebagai kelengkapan ADM kepala sekolah Program :
ADM dan Manajemen
Kegiatan :
1. Pengadaan kotak/buku saran
21 Meningkatkan kerja serta atau menambah daftar donator dengan lembaga pendidikan & non pendidikan Program :
ADM dan Manajemen
Kegiatan :
Organisasi & Kelembagaan
1. Menyimpan akte pendirian struktur dan dokumen ditempat yang aman
2. Berkordinasi dengan Dinas Pendidikan dan Depag
3. Mengajukan permohonan bantuan kepada pemerintah lembaga pendidikan & non non pendidikan
22 Mempertahankan keberadaan akte pendirian dan struktur organisasi & dokumen lainnya Program :
ADM dan Manajemen
Kegiatan :
1. 1. Menyimpan akte pendirian struktur dan dokumen ditempat yang aman

KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa atas rahmat dan inayahNyalah kami dapt menyelesaikan tugas pengabdian menyusun pemutakhiran Rencana Pengembangan Sekolah oleh Tim KKPRPS (Kelompok Kerja Penyusunan Pengembangan Sekolah) yang didampingi oleh District Facilitator (DF) untuk peningkatan mutu pendidikan ke depan di MTs. Islamiyah Sibolga.
Pemutakhiran Rncana pengembangan Sekolah diharapkan menjadi acuan dan landasan oleh semua pihak pemangku kepentingan (stakeholders) sekolah. Pengelolaan yang baik dalam suatu lembaga pendidikan akan mewujudkan peningkatan mutu yang baik pula.
Untuk mewujudkan peningkatan mutu, MTs. Swasta Islamiyah Sibolga mempunyai komitmen berupaya mencapai yang terbaik berlandaskan pemutakhiran Rencana Pengembangan Sekolah yang disusun oleh Tim KKPRPS berdasarkan profil sekolah yang tidak luput dari bimbingan DBE-1 Provinsi Sumatera Utara.
Kehadiran DBE-1 dengan penerapan programnya di MTs. Swasta Islamiyah Sibolga sebagai salah satu sekolah rintisan DBE-1 mengharapkan perubahan-perubahan menuju pengembangn dan peningkatan mutu pendidikan dari yang sebelumnya, sekalipun pendidikan di MTs.swasta Islamiyah Sibolga masih diminati oleh berbagai lapisan masyarakat dan masih dapat berkiprah ditingkat luar kota maupun propinsi.
Oleh karena itu, diharapkan partisipasi kontruktif dari semua pihak untuk mewujudkan suatu sekolah yang unggul, berprestasi dan pada akhrinya dapat emnghasilkan manusia masa depan yang mampu bersaing dengan bangsa-bangsa lain yang telah maju.
Kami menyadari sepenuhnya bahwa pemutakhiran Rencana pengembangan sekolah ini masih banyak kekurangan, bahkan masih jauh dari yang diharapkan. Kami siap menerima segala kritik dan saran untuk perbaikan dan kesempurnaan rencana pengembangan Sekolah ini ke masa depan.

Sibolga, Juli 2008
Kepala MTs.Swasta Islamiyah Sibolga,



MUALLIM, S.Pd
NIP. 132087553





Tidak ada komentar:

Posting Komentar